sedikit ceritaku..

Kamis, 24 Maret 2011

Jalan" ke Singapore dan Kuala Lumpur ala Backpacker

Bagi aku jalan-jalan sangat membuat aku antusias dan senang dalam mempersiapkannya. Apalagi mengetahui bahwa aku akan menuju tempat baru yang belum pernah aku datangi rasanya tidak sabaran untuk berangkat.. hihihiiii...

Akhir Februari 2011 kemaren, aku dan 10 orang teman kerja travelling ke Singapura dan Kuala Lumpur. Ala Backpacker pastinya. Karena kami cuma bawa ransel ukuran sedang. Simple!! meskipun BERAAAAT BANGET!!! Hahaha...

Belum banyak orang Indonesia yang merencanakan sendiri perjalanannya ke luar negeri.
Yang sering terjadi orang malah menggunakan jasa biro perjalanan  untuk mengatur rencana dan jadwal perjalanan... Tapi kami beda, kami ingin menghemat biaya dan kami ingin membuktikan bahwa ke luar negeri tanpa biaya mahal.. jadi kami putuskan untuk merancang liburan kita ala backpacker...

Berdasarkan tujuan tersebut kami pun segera membuat jadwal rencaana perjalanan (itinerary) yang disusun oleh teh endah... Meski dijadikan pegangan, tetapi jadwal tersebut tidak kaku karena harus disesuaikan dengan dinamika dan kondisi nyata dalam perjalanan kita nantinya. ..

Internet sangat membantu kami dalam membuat rencana tersebut diatas, sejumlah situs kami manfaatkan....

HARI PERTAMA:

aku dan 10 orang teman kerja dengan julukan "KESEBELASAN MESRA SELALU" dan 3 teman baru yang ikut berlibur namun hanya di kuala lumpur saja mengawali cerita ini dari keberangkatan kita ke Balikpapan sekitar jam 07.00 pagi dari Bontang  via Pesawat Dash-7nya PKT, setiba di Bandara Sepinggan Balikpapan kita jalan" dulu buat nukar uang dan makan siang di Mall Balikpapan.

Pukul 13.00 Wita paspor kita di cap stempel oleh petugas imgrasi di Bandara sebelum kita masuk ke ruang tunggu untuk bisa ke Kuala Lumpur Via Air Asia (delay 2 Jam terpaksa foto" dulu ^_^)..

3 Jam perjalanan menuju Kuala Lumpur, di pesawat aku duduk sama 2 manusia super jahil yaitu si Rendi dan Jungkung... karena kita kelaperan terpaksa BURAS buatan mamak dirumah aku makan di pesawat.. hahahahahahaaaa....

Karena tiket pesawat murah jelas nggak nyiapin makanan gratis untuk kita, musti beli... dan karena persediaan ringgit kita cuma dikit jadi beli POP Mie aja deh .. ^_^

And Now.... inilah pertama kalinya aku menginjak tanah "LUAR NEGERI" hahaaa.. lebay -____-"

tiba di Bandara LCCT sekitar pukul 18.00 untuk kedua kalinya Pasporku di Cap oleh petugas imigrasi yg menandakan bahwa aku dan teman" berada di kuala lumpur... and now, hiks hiks... kita harus berpisah dengan 3 teman baru.... good bye mas duddy n friends happy holiday... hehehehee...

well, kita mulai pertualangan kita di Negara yang masyarakatnya pernah meLaser kiper kebanggaan Timnas Indonesia...  siapalagi kalau bukan MALAYSIA...HHAAHAHAHAA...

Dari LCCT kita naik Sky Bus menuju KL central

menempuh waktu 1 jam untuk menuju KL central ... hoaaaam... ngantuuuk....

huhuuuuu.... Tibalah kita di KL Central.... sesuai ittinerary yang kita buat, pertualangan selanjutnya yaitu menuju Puduraya Bus Stasion untuk membeli tiket BUS jurusan Lavender Street Singepore.. Bus yang akan kita naiki yaitu Bus Transnasional, Recomended)...

(wah ternyata, terminal puduraya sedang di Renovasi tanye" sama orang" nih dimana lokasi terminal sementara)

kita berkeliling di Pusat kota untuk mencari terminal sementara yang katanya security ada di Bukit Djalil.... tau nggak, banyak CALO' di Malaysia.. huh -____- tau aja kita turis nggak tau jalan... banyak banget calo' di pinggir jalan dengan stelannya kayak tukang ojek.. nawarin kita jasa transportasi yang nggak jelas dan yang pasti harganya 2x lipat.... *sekedar informasi untuk temen" yang pengen kesana, jangan percaya sama calo' ... carilah petugas keamanan atau security berseragam untuk menjadi penunjuk jalan kalian... okaay...??!!

untuk menuju Bukit Djalil kita musti naik Kereta Monorail di Stasiun Puduraya...jalan kaki keliling" nyari stasiun kereta... ehh ternyata kita melewati Petaling Street, mampir dulu ahhh.. foto" dulu.. wkwkwkkwkk..

and now akhirnya kita tiba di terminal dan mendapatkan tiket Bus antar Negara.. "transnasional" ye ye yeee... im comming singapore,,,

menempuh waktu kurang lebih 5 jam untuk tiba di Lavender street Singapore... dari KL pukul 11.59 Malem.. tiba di spore subuh donk... enaknya tidur ajah nih dalam bus...hohohooo

kita masih enak enaknya tidur tiba" supir bus bangunin kita dan mengatakan bahwa kita tiba di Kantor Imigrasi untuk mengisi biodata diri dan petugas imigrasi akan cap stempel di paspor kita.. horeeee pasporku di cap lagi!!! wkwkwkk

30 menit perjalanan dari johor bahru menuju singapore... makin deg degan ajah.. hihihiii.. norak!

and now, sekitar pukul 06.00 kita tiba di Spore... ye eye yeyeyeeee!! bus transnasional berhenti di Lavender st...

kurang lebih 15 menit berjalan kaki mencari Penginapan Amigos Hostel.. Ternyata Hostel tersebut ada di pinggir jalan yang tidak sukar dicari...

wah.. wah... berhubung pintu amigos hostel dibuka sekitar pukul 10.00 pagi oleh resepsionisnya, berarti kita harus keliling" dulu nyari masjid untuk sholat subuh,,, YUK MARIII JALAN KAKI LAGIIIIIIIIIII...!!! hahahaahaa  rombongan terpisah oleh kak titi dan kak iyang.. mereka berdua ke laveder station untuk menuju city hall naik MRT untuk membeli singapore turism pass sedangkan kita

FUFUFUUUU.... jalan kaki 15 menit, ketemu deh Malabar Mosque.. kita shalat subuh,, dan Alhamdulillah, pagi pagi aku bertemu dan melihat seorang lelaki memakai sorban sedang mengaji didalam masjid ini, alhamdulillah,, hatiku langsung tenang dan pikiran menjadi nyaman mendengar lafal qur'an dari lelaki itu...

Setelah subuhan di masjid malabar, kita berjalan kaki lagi berkeliling mencari sarapan.. hahahahaa... ujung"nya belok ke MC'Donals.. hahahahahahaaaaaaaaaaaaaaa!!! susah nyari makanan halal disini,, dan di singapore nggk ada yg namanya nasi.. huh... makan roti atau ayam aja deh.. -___-"

dan akhirnya sudah jam 10.00... well, kita ke amigos hostel yuuk..!!

ternyata kak titi n kak iyank juga uda balik.. dan kita berkumpul pas didepan pintu masuk amigos hostel.. kak titi mulai mambagikan SINGAPORE TURIST PASS...
yang pengen mesen secara online buka aja di http://www.thesingaporetouristpass.com/html/index.htm

jadi bagi temen" yang ingin berkunjung ke Spore, disediakan tiket terusan untuk transportasi MRT dan Bus. Tiket ini punya nama resmi yaitu Singapore Tourist Pass. Dengan tiket ini  bisa bawa kita kemana aja tanpa harus bayar apa-apa lagi. Harganya SGD$8/hari, tiketnya ada yang untuk 1 , 2 atau 3 hari, dengan uang jaminan (yang dapat dikembalikan) sebesar SGD 10 saja. Tiket terusan ini juga dilengkapi dengan berbagai penawaran toko, sehingga temen" mendapat begitu banyak keuntungan selama berkunjung di Singapura. hohohooo....

yeah... hari ke 2 diliburanku, sesuai jadwal.. setelah cek in di amigos hostel, mandi, sarapan, siap" untuk jalan"... yah, sasaran utama kita untuk hari ini yaitu adalah kawasan  city hall, Raffles place, Esplanade, chinatown dan kawasan fullerton tempat patung merlion yang terkenal itu, heheheee....

Makan siang di Bugis Junction..

Pemandangan taman yang menghadap MarineBay ini sangat mengesankan. tampak esplanade dan gedung-gedung tinggi sepanjang sisi Singapore River. Di kejauhan juga tampak berdiri gagah singapore flyer (bianglala). sejumlah perahu wisata juga tampak lalu lalang di teluk.

berjalan kaki liatin peta, nyariin patung singa kok nggak ketemu".. kurang lebih 20 menit berjalan kaki dan sampailah kita di tujuan utama yaitu patung marlion.. ternyata ehh ternyata patungnya sedang direnovasi... patungnya mau dibuat hotel.... the marlion hotel... ya ampun kecewanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.......... -___________-"

terpaksa deh foto di singa asli yang ukuran kecil... pas dibelakang patung marlion yang besar..
Rombongan pengunjung dari berbagai etnis - india, china maupun melayu tampak dimana-mana.
Merlion asli ternyata patung kecil mungil. meskipun kecil, merlion ini demikian termasyhur sebagai simbol singapura.

huaaa... walaupun ada rasa kecewa sedikit, kita tetep melanjutkan perjalanan kaki kita.. hahahaa...
Ini dia gedung kesenian kebanggaan Singapura yang serupa dengan bentuk durian terbelah dua, sangat modern dan futuristik.

Didepan Esplanade melintas jalan layang Esplanade drive dengan latar belakang gedung-gedung pencakar langit sepanjang singapore river. kami berfoto sejenak dengan latar belakang gedung esplanade... kami terus melanjutkan perjalanan dengan terus masuk menjelajahi gedung esplanade tersebut

Puas menikmati esplanade kami pun berencana untuk melanjutkan perjalanan dan tak terasa waktu sudah mau malam. baiklah, kita jalan-jalan malam di orchad road...

Jantung kota singapura ternyata adalah orchad road. kami langsung mengengok ke Lucky plaza, mal dan partemen lawas yang terkenal di kalangan orang indonesia.
Mirip dengan malioboro lah... malioboronya singapur ya ada di sini,,, lebih panjang, lebih lebar, lebih bersih dan tidak terkontaminasi polusi asap kendaraan bermotor. Kereta api bawah tanah (MRT) tersedia dan cukup lancar dan pemberhentian cukup banyak..
Pemerintah Singapore cukup cerdik, kebanyakan Mall di Singapore termasuk Orchard saling dihubungan satu dengan lainnya sehingga saat berada didalam mall di Orchard rasanya seperti berada di Mega Mall yang luar biasa besar, tahu tahu keluarnya sudah di mall yang lain. tak terasa malam semakin larut, kami pun masih punya rencana untuk ke Bugis street untuk belanja oleh" untuk dibawa ke Bontang...

sayang sekali, saat kita ada di orchad dan bugis st kita nggk ada 1pun mengadadikannya lewat foto... --____-- *nyesel..

Pertualangan hari berikutnya...
Hoaaaaaammmmmmmmm ... awalnya janjian jam 07.00 teng sdh harus siap dan berangkat menuju sentosa island.. tapi berhubung kita masih ngantuk sekitar pukul 09.00 baru caw dari penginapan untuk menuju tempat yang wahanan rekreasinya banyaaaaaaaaaaaak sekali...  coba deh cek di http://www.sentosa.com.sg/en/

pukul 09.00 kita langsung menuju Harbour front naik MRT, dari lavender - outram park - pindah jalur north east line menuju harbour front.

dari harbour front menyebrang ke pulau sentosa dengan sentosa express, mirip dengan MRT namun ukurannya kecil, 3$ one way...

ihiiiiiiiiiiiiy.. tiba juga kita disentosa........

jangan lupa kalau mau masuk universal studio wajib beli tiketnya jauh" hari... kita aja 2 minggu sebelum berangkat uda mesen online di http://www.rwsentosa.com/language/en-US/Attractions/UniversalStudiosSingapore/Tickets

jadi sampai sana, cukup kasih liat hasil print tiket kita ke petugas,,